Jumat, 04 Maret 2011

Teori2 Kiamat 2012 dan Sanggahannya..


21 desember 2012 adalah hari 'the end of world' menurut ramalan bangsa maya. Benarkah pada tanggal tersebut dunia akan kiamat?

Banyak orang yang takut dan sangat cemas tentang 2012. Teori-teori dengan berbagai penjelasan ilmiah, seperti solar ray, planet x, perputaran kutub, dan lain-lain membuat masyarakat semakin percaya bahwa 21 desember 2012 akan menjadi hari terakhir umat manusia.

Banyak orang yang kemudian berfoya-foya, melakukan hal2 yang tabu, dll hanya karena mereka takut mereka tidak sempat merasakannya lagi setelah 2012. Bahkan beberapa bunuh diri dengan alasan tidak mau mati tersiksa pada saat kiamat 2012 nanti. Begitu kuatnya isu 2012 sehingga membuat pola hidup banyak orang berubah.

Untuk sedikit menenangkan kita, saya mempunyai sanggahan terhadap beberapa teori2 2012. Berikut ulasannya...


Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Ulasan Tentang Kiamat 2012!!. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Sebelum anda membaca artikel ini saya sarankan anda membaca artikel tersebut. klik disini untuk membacanya, Ulasan Tentang Kiamat 2012!!.

Seperti yang kita ketahui belakangan ini 2012 menjadi hot topik yang sangat sering dibahas dimana2. Bahkan para paranormal/peramal (saya tidak sebutkan) angkat bicara mengenai isu ini dan mengatakan hal yang senada, yaitu di tahun 2012 akan terjadi sesuatu yang luar biasa, akan terjadi sesuatu yang mengerikan, 2/3 manusia akan meninggal dan sisanya akan menjadi manusia yang baru.

Bagi saya pribadi saya menanggapi doktrin 2012 ini sebagai permainan saja. Menurut saya 2012 hanyalah isu yang dibuat2 oleh komunitas tertentu untuk mempengaruhi dunia. NASA sudah membantah akan isu ini, begitu juga Apolinario Chile Pixtun (seorang sesepuh suku maya sekarang)juga membantah isu 2012 ini. Dia mengatakan kalau "bangsa maya tidak pernah membuat isu kiamat ini, 2012 hanya buatan bangsa barat" ungkapnya.

Mungkin terdengar cukup gila, tapi menurut sudut pandang saya di 2012 memang terjadi sesuatu, tetapi bukan kiamat oleh alam melainkan lebih cenderung ke perbuatan kalangan tertentu. Pernah dengar isu bahwa PBB/Amerika (saya kurang ingat) akan mengurangi populasi manusia didunia hingga 2/3 nya dan hanya menyisakan sekelompok orang untuk dunia baru "the new world". Nah mungkin puncak dari itu semua ada di tahun 2012. Tapi itu hanya menurut pendapat saya, bagaimana menurut anda??

Ok, Kembali ke topik.

Berbagai teori pun muncul untuk menguatkan isu ini, seperti ramalan bangsa maya, perputaran magnet bumi, tabrakan dengan planet x, badai matahari (seperti di film knowing), dan lain-lain.

Teori-teori tersebut akan saya coba bahas satu-persatu.

Ramalan Bangsa Maya

Bangsa maya adalah kelompok suku/bangsa yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur dan berdiri pada tahun 250M hingga 925M. Bangsa ini dikenal sebagai peradaban yang memiliki perhitungan ilmu astronomi yang komplex dan akurat.

Menurut penanggalan bangsa maya 1 periode mereka adalah 1.872.000 hari atau sekitar 5.125,37 tahun. Setelah melewati akhir periode tersebut, akan dimulai sesuatu yang baru "years—overturns and a new cycle begins". Jika dihitung dari penanggalan mereka, maka hari akhir tersebut akan jatuh pada tanggal 21 desember 2012. Ini yang menyebabkan isu 2012 pertama kali muncul ke permukaan.

Namun apakah benar yang dimaksud oleh bangsa maya adalah 'the end of world'?. Aveni, penulis The End of Sisa: The Maya Misteri 2012, angkat bicara mengenai ini. Menurut dia, jika kita melihat dan menghitung seperti kalender maya, maka 21 desember 2012 adalah hari terakhir. Hari terakhir bukan berarti kiamat, hari terakhir yang dimaksud disini adalah penanggalan baru, dimulai dari awal lagi, sama halnya dengan kita merayakan tahun baru pada 1 januari, semuanya hanya sesederhana itu.

Perubahan Kutub

Dalam beberapa ramalan hari kiamat 2012, Bumi menjadi deathtrap karena mengalami "pergeseran kutub".

Kedua kutub akan bertukar tempat, ini menyebabkan semua siklus menjadi terbalik dan kacau. Siklus iklim berubah drastis, perputaran rotasi bumi berlawanan dari semestinya yang kemudian menyebabkan bumi keluar dari jalurnya, Bumi menjadi tempat yang sangat tidak cocok dengan makhluk hidup, dan lain-lain.

Para ilmuwan sangat menolak dan tidak sependapat jika pertukaran kutub terjadi seketika seperti skenario. Tetapi beberapa peneliti memang berspekulasi bahwa pergeseran yang halus bisa terjadi, misalnya jika distribusi massa pada atau di dalam bumi berubah secara radikal, maka perubahan medan magnetis mungkin akan terjadi.

Jika dilihat dari kondisi pergerakan lempengan dan medan magnetis bumi sekarang, kemungkinan terjadinya hal seperti itu memang ada. Namun perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk dapat memastikannya.

Ahli geologi Universitas Princeton Adam Maloof mengatakan, "semua itu sangat mungkin terjadi, namun sangat mustahil jika perubahan/pergeseran kutub akan terjadi dalam periode singkat (1-2tahun), semua proses itu sangatlah lamban dan memakan waktu jutaan tahun. Cukup lambat sehingga manusia tidak akan merasakan gerak perubahan lempeng tektonik tersebut". Demikian ungkapnya.

Pergeseran matahari (galatic Alignment)

Pada teori ini disebutkan bahwa garis tengah matahari akan berubah, dengan kata lain jarak antara matahari dan bumi menjadi lebih pendek dari semestinya. Perubahan ini akan menyebabkan perubahan yang signifikan di bumi. Menurut bangsa maya disalah satu skripnya, kejadian ini akan terjadi pada saat periode berkahir. Dengan kata lain kemungkinan ini akan terjadi pada 21 desember 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar